Tuesday, February 15, 2011

Prandelli Tuntut Serie A Produksi Bakat Muda

Pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli.

MILAN, KOMPAS.com — Pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli, berharap Liga Serie A memproduksi bakat-bakat muda yang berkualitas. Jadi dia berharap klub-klub Serie A memberi kesempatan kepada para pemain mudanya untuk tampil.

Italia sudah terlempar di babak awal Piala Dunia 2010. Banyak yang menilai kegagalan itu disebabkan krisis pemain baru di negeri tersebut sehingga masih mengandalkan pemain-pemain tua.

Tokoh-tokoh sepak bola seperti Arrigo Sacchi, Roberto Baggio, dan Gianni Rivera juga mengkritik krisis itu. Menurut mereka, Italia harus sudah mulai menggarap pemain muda lebih serius agar lahir banyak pemain hebat di negeri tersebut.

"Para pelatih harus mulai memilih pemain muda yang berkualitas. Hari ini hanya 8 persen pemain muda dari akademi sepak bola yang masuk ke tim senior. Padahal, beberapa tahun lalu jumlahnya mencapai 25 persen," kata Prandelli.

Italia kini memang memimpin klasemen grup kualifikasi Piala Eropa 2012. Mereka menang tiga kali dan sekali seri. Namun, peringkat Italia di FIFA turun ke urutan ke-14.

"Ini bukan posisi realistis. Namun, sebaiknya kita tak terlalu banyak berdebat, tapi lebih banyak bekerja untuk menaikkan peringkat. Tentu, jalan masih panjang dan kami harus lolos ke putaran final Piala Eropa 2012," tegasnya. (AP)

No comments:

Post a Comment