Thursday, February 24, 2011

Taklukkan Hercules, Valencia Aman di Zona Champions

VALENCIA, KOMPAS.com - Gol dari Aritz Aduriz dan Tino Costa membawa Valencia unggul 2-0 atas lawannya, Hercules, dalam laga lanjutan Liga BBVA di Stadion Mestalla, Minggu atau Senin (7/2/2011) dini hari WIB. Kemenangan ini membuat Valencia memantapkan posisinya di posisi keempat dengan 44 poin. Sedangkan Hercules tetap terpuruk di posisi ke-16 dengan 22 poin.

Meski berstatus sebagai unggulan dan mendapat dukungan penuh dari para pendukungnya, Valencia sempat kesulitan dalam menghadapi Hercules hingga menit ke-40. Permainan mereka tak berkembang dan tak mampu menciptakan banyak peluang. Hercules sendiri lebih banyak fokus bertahan dan sesekali melakukan serangan balik.

Valencia hanya mampu menciptakan empat ancaman di pertandingan ini. Pertama pada menit ke-6, lewat tendangan Tino Costa yang masih melebar di atas gawang Juan Calatayud. Enam menit berselang, giliran ancaman dari Ever Banega yang melenceng ke sebelah kiri gawang Calatayud. Peluang kembali didapatkan Valancia lewat Alejandro Dominguez. Namun, peluang ini masih bisa digagalkan oleh pemain Hercules.

Peluang terbaik di laga ini didapat Mehmet Topal pada menit ke-38. Sayang, tendangan kaki kirinya masih membentur tiang gawang Calatayud.

Valencia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-43. Aritz Aduriz yang sebelumnya selalu dikawal ketat akhirnya bisa menjebol gawang Calatayud setelah menerima umpan dari Roberto Soldado.

Di masa injury time, Hercules punya peluang emas saat Olivier Thomert bebas dari jebakan offside. Namun, Thomert menyelesaikannya, hingga peluang tersebut terbuang sia-sia, melebar jauh ke sisi kiri gawang Guaita.

Di babak kedua, Valencia berusaha untuk tampil lebih menekan. Hasilnya, Tino Costa berhasil membuat Valencia unggul di menit ke-53. Tendangan bebas kaki kirinya menhujam sisi kiri gawang Hercules dan tak mampu digapai oleh Catalayud.

Permainan Valencia pun mulai membaik. Hingga menit ke-70, David Navarro dkk telah menciptakan 12 kali percobaan tembakan (lima diantaranya mengarah ke gawang). "Los Che" juga unggul dalam penguasaan bola, 65 persen berbanding 35 persen.

Hercules bukan tanpa peluang. Di menit ke-82 tendangan keras kaki kanan Matias Fritzlerdari dalam kotak penalti meluncur deras ke arah gawang. Tapi, peluang emas tersebut dimentahkan dengan sangat brilian oleh Guita. Sedangkan, tendangan dari pemain pengganti, Royston Drenthe di menit ke-87 dan masa injury time hanya tipis di mistar gawang Guita.

Susunan pemain  Valencia: Vicente Guaita Panadero,  Marius Stankevicius, David Navarro, Jérémy Mathieu, Bruno, Mehmet Topal, Ever Banega (Juaquin 86), Alberto Costa, Alejandro Damian Dominguez (Isco 76), Aritz Aduriz (Jordi Alba 84), Roberto Soldado

Hercules: Juan Calatayud, Sergio Rodri, Juanra, Paco Peña (Tiago Gomes 39), David Cortés, Abel Enrique Aguilar Tapias (Roysthon Drenthe 63), Tote, Olivier Thomert (Rufete 73), Matias Fritzler, Nelson Haedo Valdez, Kiko

No comments:

Post a Comment