Sunday, November 13, 2011

Barcelona Bawa Satu Angka dari San Mames

Gelandang Barcelona, Cesc Fabregas, merayakan golnya ke gawang Athletic Bilbao, dalam lanjutan Liga BBVA, di San Mames, Minggu (6/11/2011).

BILBAO, KOMPAS.com - Barcelona bermain imbang 2-2 dengan Athletic Bilbao, pada laga Liga BBVA, di San Mames, Minggu (6/11/2011). Sementara gol Barcelona diciptakan Cesc Fabregas dan Lionel Messi, gol tuan rumah merupakan hasil tembakan Ander Herrera dan bunuh diri bek Gerard Pique.

Barcelona mendominasi permainan sejak awal. Namun, tuan rumah selalu berusaha melancarkan serangan, setiap kali menguasai bola. Kedua kubu pun beberapa kali tampak bertukar ancaman.

Barcelona lebih dulu membuka peluang melalui Adriano pada menit kedua. Namun, tembakannya masih bisa diantisipasi Gorka Iraizoz.

Tuan rumah kemudian membalas dengan tembakan Fernando Llorente pada menit ke-12, yang dijinakkan Victor Valdes.

Setelah tembakan Messi pada menit ke-21 dihalau Iraizoz, Bilbao melancarkan serangan balasan yang berujung umpan dari Susaeta, yang ditembakkan Ander Herrera masuk gawang Valdes.

Dalam waktu dua menit setelahnya, Barcelona mendapat dua peluang dari Dani Alves dan Cesc Fabregas. Sementara eksekusi Alves dimentahkan Iraizoz, tembakan Fabregas membuahkan gol penyama kedudukan. Fabregas menaklukkan Iraizoz dengan memanfaatkan umpan silang Eric Abidal.

Permainan tak banyak berubah di babak kedua. Barcelona mendominasi permainan, tetapi usaha mencetak gol mereka selalu kandas di tangan Iraizoz.

Pada menit ke-50 dan ke-60, misalnya, Barcelona mendapat peluang dari Andres Iniesta dan Messi, yang semuanya dihentikan di luar garis gawang oleh Iraizoz. Di tengah tekanan itu, Barcelona mendapat bencana berupa gol bunuh diri bek Gerard Pique pada menit ke-80.

Barcelona kemudian menciptakan empat ancaman beruntun melalui Thiago, Iniesta, David Villa. Sementara tembakan Thiago dan Iniesta meleset, dua eksekusi Villa bisa dijinakkan Iraizoz.

Tekanan Barcelona perlahan membuahkan hasil. Setelah bek Fernando Amorebita diberi kartu kuning kedua karena melanggar Sergio Busquets pada menit ke-90, Barcelona menyamakan   kedudukan berkat gol Lionel Messi, yang memanfaatkan kesalahan koordinasi antara Ander Iturraspe dan Iraizoz.

Selama pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 63 persen dan menciptakan sembilan peluang emas dari 16 usaha. Adapun tuan rumah melepaskan tiga tembakan akurat dari tiga percobaan.

Dengan hasil tersebut, Barcelona menduduki peringkat kedua dengan 25 poin, atau kalah tiga angka dari Real Madrid. Adapun Bilbao tak bergerak dari posisi kesembilan dengan 14 poin.

Bilbao: Gorka Iraizoz; Fernando Amorebieta, Javi Martínez, Jon Aurtenetxe, Andoni Iraola; Ander Iturraspe, Oscar, Susaeta (Inigo Perez 85), Muniain (Ibai Gomez 88); Fernando Llorente (Mikel San Jose 90), Ander Herrera

Barcelona: Victor Valdes; Gerard Pique (Thiago 81), Javier Mascherano, Eric Abidal, Dani Alves; Sergio Busquets, Andres Iniesta, Xavi (Alexis Sanchez 61); Adriano (David Villa 72), Lionel Messi, Cesc Fabregas

Wasit: Jose Luis Paradas Romero

No comments:

Post a Comment