Sunday, November 27, 2011

Jan Koller Gantung Sepatu

Mantan pemain andalan tim nasional Republik Ceko, Jan Koller.

CANNES, KOMPAS.com — Mantan penyerang tim nasional Ceko, Jan Koller, akhirnya memilih gantung sepatu. Pada usia 38 tahun, pemain yang terakhir membela Cannes itu mengaku sudah tak kuat lagi bermain karena faktor cedera.

"Menutup karierku benar-benar tidaklah mudah. Aku sudah mempersiapkan ini sejak lama. Aku merasa semua sudah cukup sejak April lalu. Pertama, ketika aku ada masalah dengan otot betisku, kedua dengan jantungku. Terakhir, ketika aku mulai persiapan musim depan, otot pahaku cedera. Itu adalah peringatan terakhir," tutur Koller.

Koller merupakan salah satu ikon negaranya. Ia telah membela tim nasional Ceko sejak 1999. Bersama Milan Baros, Tomas Rosicky, dan Pavel Nedved, keempatnya sempat menjadi momok menakutkan di kancah sepak bola Eropa. Mereka mengantar Ceko lolos hingga semifinal Piala Eropa 2004. Koller total memiliki 91 caps bersama negaranya dan rekor 55 gol.

Kelebihan utama Koller adalah postur fisiknya. Dengan tinggi sekitar 2 meter, ia selalu mampu memenangkan duel fisik dengan lawan-lawannya. Tingginya ini juga membantunya mencetak banyak gol melalui sundulan.

Prestasi terbaiknya adalah bersama Borussia Dortmund. Ia mengantar klub itu juara Bundesliga pada tahun 2002. Secara keseluruhan, di level klub, Koller telah melalui 518 pertandingan dengan torehan 218 gol. (FIFA/YS)

No comments:

Post a Comment