Tuesday, November 15, 2011

Laos Enggan Beberkan Peran Riedl

Pemain tim nasional Laos berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (2/11). Laos akan berhadapan dengan Myanmar dalam pertandingan sepak bola SEA Games XXVI/2011.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kubu Laos enggan membeberkan secara terbuka peran Pelatih Alfred Riedl , mantan pelatih timnas Indonesia yang kini bekerja untuk Federasi Sepak Bola Laos, dalam persiapan tim mereka.

Saat ditanya mengenai hal itu, Pelatih Timnas U-23 Laos Hans Peter Schaller hanya menyebutkan peran Rield sangat membantu dirinya.

"Alfred Riedl tidak hanya bekerja di timnas. Ia penasihat Federasi Sepak Bola Laos. Ia pelatih yang kaya dengan pengalaman dan juga kawan dekat saya. Soal apakah dia ikut menentukan pemilihan pemain yang diturunkan atau tidak, ia sangat membantu," ujar Schaller kepada wartawan.

Hingga penampilan kedua mereka pada penyisihan Grup B, Laos belum memetik kemenangan. Setelah kalah 2-3 dari Myanmar pada laga perdana, mereka ditahan 2-2 oleh Brunei Darussalam yang bermain dengan 10 pemain.

Riedl dipecat kepengurusan PSSI baru di bawah Djohar Arifin Husin dari jabatan pelatih timnas setelah kontraknya dengan PSSI di masa kepengurusan Nurdin Halid dianggap bermasalah. P elatih Austria itu mengadukan masalah tersebut ke FIFA. Hingga saat ini, belum ada kejelasan soal penyelesaian sengketa itu.

Setelah kontraknya diputus PSSI, seperti dia ungkapkan sendiri dalam jumpa pers pertengahan September lalu, Riedl menandatangani kesepakatan dengan Federasi Sepak Bola Laos untuk menjadi supervisor atau direktur timnas negeri itu per Oktober lalu. Mulai Januari 2012, kata Riedl saat itu, ia menjadi pelatih kepala timnas senior Laos.

Pada laga Senin kemarin, Riedl juga mendampingi Laos bertanding di Stadion Lebak Bulus. Hai, senang kembali bertemu Anda lagi, jawab Riedl tersenyum saat disapa Kompas di pintu masuk stadion sebelum laga Timor Leste versus Filipina.

Schaller menyatakan, saat menghadapi Brunei, timnya mencetak banyak peluang gol. Ada enam hingga delapan peluang gol. Tapi, inilah sepak bola. D alam sepak bola, jika gagal memanfaatkan peluang, Anda bisa tertahan imbang atau bahkan bisa kalah, katanya.

Ia kemudian merujuk hasil mengejutkan dengan takluknya Filipina 1-2 dari Timor Leste. Schaller mengakui, striker Brunei Adi Bin Said yang memborong dua gol cukup merepotkan barisan pertahanan timnya. 

No comments:

Post a Comment