Thursday, November 24, 2011

Sementara Indonesia Unggul 2-1 atas Thailand

Striker timnas Indonesia, Titus Bonai (Tibo).

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tim Nasional Indonesia U-23 untuk sementara unggul 2-1 atas Thailand hingga menit 70 babak kedua lanjutan penyisihan Grup A cabang sepak bola SEA Games XXVI, Minggu (13/11/2011) malam.

Gol pertama Indonesia dicetak oleh Titus Bonai pada babak pertama. Kedua tim tampil memeragakan permainan cepat. Namun, malapateka menimpa Thailand. Tim besutan Prapol Pongpanich itu harus bermain sepeluh pemain setelah Theeraton Bunmathan mendaptkan akumulasi kartu kuning pada menit ke-13. Pemain bernomor punggung 15 tersebut diganjar kartu kuning kedua akibat menjatuhkan Andik Vermansyah saat melakukan penetrasi di sayap kanan. Indonesia yang unggul jumlah pemain semakin terlihat mendominasi permainan.

Bek Diego Michiels yang rajin melakukan pentrasi dari sayap kanan nyaris membobol gawang Thailand. Sayang tembakan Diego masih bisa digagalkan oleh kiper Thailand, Ukrit Wongmeema pada menit ke-16.

Meskipun demikian, Indonesia tidak dibiarkan leluasa bermain. Beberapa kali serangan yang dilancarkan Egi Melgiansyah dan kawan-kawan berhasil dipatahkan barisan pertahanan Thailand.

Indonesia tak menyerah begitu saja. Mereka terus menjaga intensitas serangannya. Akhirnya, perjuangan keras Indonesia membuahkan hasil berkat gol yang diciptakan Titus Bonai pada menit ke-33. Gol tersebut berawal dari umpan silang Hasim Kipuw setelah melakukan pentrasi di sektor kanan. Umpan tersebut langsung disambut Tibo dengan sundulan dan gol.

Gol tersebut membuat Indonesia semakin menggila. Dengan permainan cepat dan impan satu-dua, Indonesia terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan Thailand. Serangan Indonesia nyaris membuahkan hasil pada menit ke-39.

Setelah menguasai bola, Tibo mengirimkan umpan terobosan kepada Andik. Melihat kiper Thailand maju, Andik langsung mengangkat bola. Sayang bola justru melayang di atas mistar Thailand. Tidak ingin kehilangan momen, Indonesia terus membombardir pertahanan Thailand. Akan tetapi, tidak ada gol tambahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, meski Indonesia langsung menggebrak, justru Thailand yang berhasil memetik gol lewat tendangan pinalti, setelah Abdurrahman  mengganjal penyerang Gajah putih di kotak pinalti Indonesia. Kapten kesebelasan Thailand Ronnachai Rangsiyo berhasil mengeksekusi dengan mengecoh Kurnia Mega, 1-1.

Untungnya tidak lama kemudian, Patrich Wanggai berhasil membawa Indonesia kembali unggul 2-1 melalui sundulan setelah terjadi kemelut di depan gawang Thailand.

No comments:

Post a Comment