Thursday, June 9, 2011

Uruguay Berhasil Balas Dendam terhadap Belanda

Penyerang Uruguay Luis Suarez merayakan golnya ke gawang Belanda, pada pertandingan persahabatan, di Centenario, Rabu (8/6/2011).

MONTEVIDEO, KOMPAS.com — Uruguay akhirnya berhasil membalas kekalahan mereka dari Belanda di semifinal Piala Dunia 2010 dengan memenangi pertandingan persahabatan dengan skor 4-3 melalui adu penalti, Rabu (8/6/2011). Adu penalti dilakukan setelah kedua kubu bermain imbang 1-1 sampai akhir babak normal.

Belanda mendapat peluang pertama pada menit ke-14. Umpan dari Ibrahim Afellay mampu diterima dengan baik oleh Dirk Kuyt. Sayangnya, tendangan dari Kuyt masih terlalu lemah sehingga dengan mudah Fernando Muslera menahan bola.

Uruguay balas menciptakan peluang enam menit kemudian. Namun, sama seperti peluang Belanda, tendangan dari Edison Cavani masih terlalu lemah sehingga tak menyulitkan kiper Belanda, Tim Krul.

Pada menit ke-25, Uruguay bisa saja unggul andai Erick Pieters tak berada dalam posisi tepat untuk menghalau bola hasil sundulan Cavani.

Uruguay tak tinggal diam. Pada menit ke-35, skema serangan yang diawali oleh Kuyt dan Huntelaar diakhiri tendangan oleh Robin van Persie. Sayang, bola hasil tendangan pemain Arsenal ini masih belum menemui sasaran.

Uruguay hampir saja tertinggal dari Belanda pada menit ke-74. Umpan silang dari Khalid Boulahrouz sebenarnya bisa dengan mudah diantisipasi oleh kiper Fernando Muslera. Tetapi, karena miscommunication, Maxi Pereira hampir saja memasukkan bola dari umpan Boulahrouz ke gawangnya sendiri.

Hampir kebobolan, Uruguay justru mampu memecah kebuntuan. Luis Suarez akhirnya mampu menjebol gawang Krul yang bermain cukup gemilang dalam laga ini pada menit ke-82. Menerima umpan dari Cavani, Suarez sesaat mengontrol bola sebelum menempatkan bola ke tiang dekat dari gawang Belanda.

Namun, kemenangan Uruguay yang sudah di depan mata harus sirna jelang beberapa menit pertandingan berakhir. Memanfaatkan tendangan sudut, Kuyt mampu menundukkan Muslera dengan sundulan kepalanya. Pemenang laga ini pun harus diputuskan lewat adu penalti.

Uruguay akhirnya memastikan diri sebagai pemenang setelah unggul 4-3 dalam adu penalti. Van Persie dan Elia menjadi pemain Belanda yang gagal menjalankan tugasnya. Sementara Lodeiro menjadi satu-satunya algojo Uruguay yang gagal menundukkan Krul.

Susunan pemain
Belanda
: Krul; Boulahrouz, Heitinga, Mathijsen (Bruma 46), Pieters; De Jong (Maduro 65), Strootman (Schaars 61); Kuyt (Elia 93), Van Persie, Afellay; Huntelaar (De Jong 80)

Uruguay: Muslera; M Pereira, Lugano (Victorino 79), Godín, Cáceres; D Pérez (Eguren 64), Arévalo Ríos, G Ramírez (Lodeiro 46); Forlán (Hernandez 77), Cavani, Suarez (Pereira 88)

No comments:

Post a Comment