Friday, December 16, 2011

Poppy Sovia: Untuk Anak Jalanan, Mending Buku Ketimbang Uang

JAKARTA, KOMPAS.com -- Selalu ada saja pihak yang mengeruk keuntungan dengan memanfaatkan anak-anak untuk mengemis di jalanan. Hal itu membuat artis peran Poppy Sovia prihatin.

"Pernah, waktu itu, ada anak kecil minta uang, katanya buat beli buku. Aku tanya, 'Kamu perlu buku apa?' Aku justru beliin buku daripada aku kasih uang," cerita Poppy di Amigos Restaurant Bellagio, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (12/12/2011). "Pernah juga sampai aku buka jendela mobil dan bilang, 'Aku enggak bakal kasih kamu duit. Pulang aja sana. Pulang!' Sebenarnya kasihan juga," lanjutnya.

Poppy bukan bermaksud tak mau membagi rezekinya dengan anak-anak jalanan. "Sekarang suka banyak yang pakai alasan, katanya belum bayaran (uang sekolah). Aku jadi suka sebal. Aku enggak tahu, kita harus bantu gimana," keluhnya.

Sebagai gantinya, Poppy lebih suka memberi buku ataupun aksesori miliknya. "Aku enggak mau sombong, enggak mau pamrih, enggak mau apa-apa. Sempat beberapa waktu aku ngumpulin majalah anak-anak, siapa yang punya majalah anak-anak, aku kumpulin. Terus, aku berhenti di lampu merah yang biasanya banyak anak jalanan, terus aku kasih," jelas pemain film Catatan Harian Si Boy ini. "Kadang aku juga kasih aksesori yang enggak aku pakai. Aku kasih ke yang cewek-cewek, pasti dipakai kan," sambungnya.

Poppy mengaku merasa miris melihat anak-anak jalanan beroperasi di bawah pengawasan pihak yang memanfaatkan mereka. "Ada beberapa lokasi yang anak kecilnya itu diawasi. Koordinatornya, kali ya." kata Poppy. "Ya, miris lah. Jangankan anak jalanan, di sini juga banyak yang pakai monyet buat topeng monyet di jalanan gitu. Aku enggak tahu di sini ada undang-undangnya apa enggak sih untuk melindungi binatang. Binatang saja disuruh kerja rodi, anak-anak juga dijokiin buat mengemis. Sebal, kadang-kadang suka enggak tega," ujarnya.

No comments:

Post a Comment