Wednesday, March 2, 2011

Tundukkan Catania, Napoli Kuntit Milan Lagi

SAN PAOLO, KOMPAS.com - Napoli menang 1-0 atas Catania dalam lanjutan Serie-A, Minggu atau Senin (21/2/2011) dini hari WIB. Napoli naik ke posisi kedua dengan 52 poin, atau hanya kalah tiga angka dari penguasa sementara, AC Milan.

Pertandingan kedua tim di babak pertama berjalan dengan tempo lambat dan membosankan. Meski menguasai ball possession (74 % - 26 %), Napoli tak mampu menciptakan banyak peluang. Dari enam kali percobaan hanya dua yang menemui sasaran. Sedangkan Catania hanya memperoleh satu peluang akibat lebih fokus dalam bertahan.

Tridente andalan Napoli Marek Hamsik, Jose Ernesto Sosa dan Edison Cavani kesulitan menembus pertahanan rapat Catania yang dikomandoi Nicolas Spolli.

Peluang terbaik didapat Napoli saat pertandingan baru berjalan sembilan menit. Pelanggaran bek Catania, Giovanni Marchese di kotak penalti membuat wasit menunjuk titik putih. Sayang Cavani gagal mengeksekusi dengan baik setelah bola hasil tendangannya hanya membentur tiang sebelah kanan gawang Mariano Andujar.

Napoli baru bisa mencetak gol pada menit ke-25. Juan Zuniga yang lolos dari jebakan offside mampu menundukkan Mariano Andujar dengan tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti.

Di babak kedua, Hamsik sudah membuka laga dengan ancaman. Beruntung bagi Catania, Andujar masih piawai menyelamatkan gawangnya dari peluang tersebut.

Catania pun mulai berani untuk tampil menyerang. Beberapa kali peluang mereka ciptakan meski belum jua menemukan hasil yang maksimal.

Melihat Jose Ernesto Sosa tak berkembang permainannya, pelatih Napoli, Walter Mazzarri menarik keluar dirinya dan memasukkan Giuseppe Mascara. Ini menjadi laga emosional bagi Mascara. Sebab dari Catania-lah Mascara di datangkan Napoli Januari lalu.

Zuniga mencoba mencetak gol keduanya pada menit ke-75. Tapi bola hasil tendangan kaki kirinya masih bisa ditangkap dengan baik oleh Andujar.

Meski dalam lima menit terakhir Catania makin meningkatkan tekanannya, kedudukan 0-1 untuk Napoli tak berubah. Pertahanan ketat yang diterapkan pemain belakang Napoli dan ciamiknya penampilan Morgan De Sanctis membuat peluang Catania terbuang percuma.

Susunan pemain Napoli: Morgan De Sanctis, Paolo Cannavaro, Salvatore Aronica, Fabiano Santacroce, Hassan Yebda, Michele Pazienza (Walter Gargano 76), Juan Zuñiga (Andrea Dossena 79), Christian Maggio, Edinson Cavani, Marek Hamsik, José Ernesto Sosa (Giuseppe Mascara 61)

Catania: Mariano Andújar, Matías Auguste Silvestre, Nicolás Spolli, Giovanni Marchese, Alessandro Potenza, Francesco Lodi, Pablo Martìn Ledesma, Raphael Martinho (Takayuki Morimoto 43), Matias Schelotto (Maxi Lopez 64), Gonzalo Bergessio, Alejandro Gómez (Adrian Ricchiutti 72)

Penulis: Wirawan Kusuma   |   Editor: Tjatur Wiharyo   |   Loading...

No comments:

Post a Comment