Friday, December 24, 2010

Etoo Pemain Terbaik Afrika 2010

Striker Inter Milan, Samuel Etoo, ketika mendapatkan hadiah mobil pada final Piala Dunia Antarklub. Ia terpilih sebagai peman terbaik pada laga final melawan TP Mazembe.

KAIRO, KOMPAS.com - Striker Inter Milan, Samuel Eto'o, terpilih menjadi Pemain Terbaik Afrika tahun ini. Eto'o yang berasal dari Kamerun mengalahkan saingannya, yakni Didier Drogba (Chelsea & Pantai Gading) dan Asamoah Gyan (Sunderland & Ghana).

Ini adalah penghargaan keempat bagi Eto'o. Sebelumnya, ia juga pernah memenangi gelar yang sama pada 2003, 2004, dan 2005. Adapun Gyan finis di posisi kedua dan Drogba berada di peringkat ketiga.

Dari hasil voting pada 53 pelatih dan Direktur Teknik negara-negara Afrika, Eto'o mendapatkan suara terbanyak. Mantan pemain Barcelona itu dinilai sukses besar tahun lalu dengan memberikan treble untuk Inter. Musim ini, koleksi gelarnya juga bertambah karena ia sanggup mengantar "La Beneatama" memenangkan Piala Super Italia dan Piala Dunia Antarklub.

Adapun Gyana dipilih sebagai peringkat kedua karena prestasi fenomenalnya mengantar timnas Ghana ke babak perempat final Piala Dunia. Sementara Drogba sukses memberikan Chelsea gelar Premier League. Sayang, performa Drogba yang turun musim ini menjadi nilai negatif di mata para pemilik suara.

Ketiga pemain tadi masuk ke dalam tim terbaik Afrika tahun ini yang terdiri dari Didier Drogba (Pantai Gading), Wael Gomaa (Mesir), Madjid Bougherra (Aljazair), Taye Taiwo (Nigeria), Asamoah Gyan (Ghana), Kevin-Prince Boateng (Ghana), Ahmed Hassan (Mesir), Ahmed El Mohamady (Mesir), Andre Ayew (Ghana), Samuel Eto'o (Kamerun) dan Vincent Enyeama (Nigeria). (GL)

No comments:

Post a Comment