Wednesday, December 29, 2010

Tandem "El Loco" Masih Teka-teki

JAKARTA, KOMPAS.com — Masih menjadi teka-teki siapa yang bakal pendampingi Cristian Gonzales saat melawan Malaysia di leg pertama babak final Piala AFF 2010, Minggu (26/12/2010). Pelatih tim nasional Indonesia, Alfred Riedl, memilih bungkam.

Ada tiga alternatif sebagai tandem "El Loco". Indonesia memiliki striker Irfan Bachdim, Yongky Ari Bowo,  dan Bambang Pamungkas. "El Loco" biasanya selalu ditandemkan dengan Irfan Bachdim sejak babak penyisihan lalu hingga babak semifinal pertama.

Meski begitu, posisi Bachdim di tim utama mulai terancam. Riedl seperti terkesan dengan penampilan Yongky saat diturunkan sebagai pendamping Gonzales pada semifinal kedua melawan Filipina. Ia tampil ngotot selama 90 menit meskipun pertandingan tersebut menjadi laga debutnya di ajang resmi.

Kehadiran Yongky semakin membuat Riedl memiliki banyak alternatif di lini depan pasukan "Garuda". Riedl pun tidak menampik bahwa dirinya tengah menimbang-nimbang tandem Gonzales. Kemungkinan, dia tetap akan menempatkan Bambang Pamungkas sebagai pemain cadangan. Jadi, tinggal antara Irfan dan Yongky yang bersaing mendampingi "El Loco" sebagai starter.

"Saya sudah bicara kepada Yongky dan Irfan. Saya bilang kepada mereka bahwa siapa pun yang bagus akan menjadi pemain inti," tukas Riedl.

Mantan Pelatih Laos itu pun tak segan-segan meluangkan waktunya sejenak untuk memberikan instruksi khusus bagi kedua pemain tersebut, seperti yang terlihat dalam sesi latihan Rabu (22/12/2010) pagi. "Saya tadi memberikan saran bagi mereka bagaimana menciptakan ruang dan menghindari penjagaan lawan," ungkap Riedl.

Sayangnya, Riedl masih mengunci mulutnya rapat-rapat siapa yang akan menjadi pasangan Gonzales. "Bisa dia (Irfan), bisa juga yang lainnya," kata Riedl singkat setelah memimpin latihan timnas di Lapangan C, Rabu sore.

Siapa pun yang akan menjadi pendamping Gonzales pastinya merupakan pilihan terbaik yang diputuskan oleh Riedl. Namun, terlepas dari itu semua, hal yang terpenting adalah pasukan "Merah Putih" bisa membawa pulang tiga angka dari Stadion Bukit Jalil pada akhir pekan ini.

Penulis: Ferril Dennys   |   Editor: Hery Prasetyo   |   Loading...

No comments:

Post a Comment