Saturday, October 29, 2011

Langgar 5 Pasal, Tevez Didenda Senilai Gaji 4 Minggu

Penyerang Argentina dan Manchester City, Carlos Tevez .

MANCHESTER, KOMPAS.com - Manchester City menyatakan penyerang Carlos Tevez bersalah atas gugatan menolak instruksi pelatih Roberto Mancini pada pertandingan Liga Champions melawan Bayern Muenchen, di Allianza Arena, 27 September lalu dan menjatuhkan sanksi berupa denda senilai gajinya selama empat pekan. Tevez diberikan kesempatan mengajukan banding dalam 14 hari.

Tevez masuk barisan pemain cadangan pada pertandingan Liga Champions melawan Bayern Muenchen di Allianz Arena, 27 September lalu, dan menurut Mancini, ia menolak ketika diminta bermain.

Tevez kemudian diskors dua pekan. Selama periode itu, City melakukan penyelidikan dan, hasilnya, mereka menduga Tevez melanggar kontrak dan menggelar sidang pada Jumat (21/10/2011).

Awalnya, menurut pemberitaan di Inggris, sidang akan digelar dengan gugatan Tevez menolak bermain. Namun, gugatan disebut diganti menjadi Tevez menolak melakukan pemanasan, setelah tak ada saksi yang mendukung pernyataan Mancini.

"Manchester City mengonfirmasikan bahwa keputusan telah diambil berkaitan dengan dugaan pelanggaran oleh Carlos Tevez. Dugaan berkaitan dengan peristiwa pada pertandingan Liga Champions melawan Bayern Muenchen, 27 September lalu," ujar City.

"Setelah melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi yang diperlukan, panel disiplin mendukung  gugatan bahwa telah terjadi pelanggaran. Sebanyak lima pelanggaran poin kontrak berbeda menjadi dasar keputusan panel."

"Hasilnya, Carlos Tevez didenda selama dua pekan dan diskors selama dua pekan (yang dianggap telah dijalani). Ia telah diingatkan untuk berhati-hati dalam berperilaku di masa mendatang."

"Carlos Tevez telah diberitahu secara tertulis keputusan panel disiplin dan klub telah menyampaikan hal ini secara tertulis kepada Asosiasi Pesepak Bola Profesional untuk meratifikasi bentuk sanksi," demikian pernyataan City.

City juga menyebutkan poin kontrak yang dilanggar Tevez, yaitu kewajiban berpartisipasi dalam pertandingan di mana ia menjadi bagian tim; kewajiban melaksanakan tugas berkaitan dengan tugas pemain; kewajiban mematuhi instruksi dari ofisial klub yang berwenang; kewajiban menaati statuta dan regulasi FIFA, UEFA, FA, Liga, dan peraturan klub; dan kewajiban menjaga nama baik klub dan sepak bola.

Sementara itu, menurut Telegraph, Tevez bergaji 230.000 poundsterling atau sekitar Rp 3,2 miliar per pekan.

No comments:

Post a Comment