Sunday, October 30, 2011

RD Jaga Suasana Kondusif

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESPelatih timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional sepak bola U23, Rahmad Darmawan, dan staf kepelatihan telah memutuskan 20 pemain yang masuk skuad inti yang akan didaftarkan sebagai peserta SEA Games XXVI. Namun, RD—sapaan akrab Rahmad Darmawan—enggan menyebutkan nama tujuh pemain yang tidak masuk skuad inti. Ini dilakukan demi kepentingan yang lebih besar, yaitu menjaga suasana kondusif tim dan kebersamaan antarpemain.

”Sudah, hanya kami tetap membawa 27 pemain bersama sampai selesai SEA Games. Soal nama, nanti saja saat hari pertandingan,” tulis RD melalui pesan singkat, Minggu (30/10/2011).

RD saat wawancara terbatas di Cilegon menegaskan bahwa tim yang dia bangun selama tiga bulan itu telah menyatu. Para pemain sangat akrab satu sama lain, ikatan antarmereka kuat dan sangat membantu dalam membentuk tim yang solid.

”Suasana kondusif di dalam tim dan kebersamaan para pemain ini harus dipertahankan. Memadukan pemain usia muda tidak mudah, apalagi sebagian dari mereka bukan pilihan utama di tim. Tidak mudah juga menciptakan suasana penuh kebersamaan dan keterbukaan di dalam tim. Karena itu, kami sepakat tetap membawa 27 pemain dalam tim selama SEA Games supaya mereka bisa terus saling mendukung,” ujar RD.

RD yang mempelajari psikologis pemain mengerti betul apa yang dibutuhkan oleh pemain muda. Beberapa pemain pun menunjukkan kebosanan selama tiga bulan dengan 16 kali uji coba.

”Karena itu kami memberikan waktu libur dua hari, Sabtu dan Minggu, berlibur di Pantai Marbella. Keluarga mereka juga boleh ikut supaya bisa melepas kangen. Mulai Senin, mereka sudah dikarantina di Jakarta dan tidak boleh diganggu sampai SEA Games,” ujar RD.

Dalam sepekan sisa waktu menjelang laga pertama melawan Kamboja pada 7 November, timnas U23 tetap menjalani latihan di Lapangan Tiara Bangsa, Cilangkap, dan Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta. Latihan ini lebih menekankan pada spesifik taktik menghadapi calon lawan di Grup A.

No comments:

Post a Comment