Monday, October 31, 2011

Solskjaer Cetak Sukses Pertama sebagai Pelatih

Mantan striker Manchester United yang kini melatih Molde, Ole Gunnar Solskjaer.

OSLO, KOMPAS.com - Baru saja melakoni perannya sebagai pelatih klub pada musim ini, mantan pemain Manchester United Ole Gunnar Solskjaer akan menorehkan prestasi. Solskjaer mengantarkan Molde merebut gelar juara di Liga Norwegia musim ini.

Molde memastikan gelarnya aman setelah menahan imbang Stromsgodset dengan skor 2-2 pada hari Minggu lalu dan rival sengitnya, Rosenborg, digulung 3-6 oleh Brann Bergen. Kini, mereka unggul dengan delapan poin dan masih menyisakan dua pertandingan.

"Klub sudah menunggu seratus tahun untuk gelar ini. Kami sudah beberapa kali dekat, jadi ini sangat layak. Ketika Brann sudah unggul 4-1, kami menyadari kami mendapatkannya,"  ungkap Solskjaer kepada surat kabar VG seperti dilansir BBC Sport.

Molde menyelesaikan kompetisi di posisi ke-11 pada musim lalu. Oleh karena itu, mantan klub Solskjaer sebelum bergabung dengan MU itu sangat menantikannya.

"Ini menjadi atmosfer yang baik di ruang ganti dan kami akan menikmatinya malam ini," tambah pelatih berusia 38 tahun ini.

Solskjaer sendiri mengambil alih posisi pelatih Molde pada November lalu setelah menjabat sebagai pelatih tim cadangan di Old Trafford. Bek MU Rio Ferdinand menyebutnya sebagai "pria sejati dalam pertandingan" di Twitter sebagai bentuk penghormatan pada keberhasilan Solskjaer.

Gelar Molde yang pertama ini juga tak lepas dari peran Mark Dempsey dan Richard Hartis yang diboyong Solskjaer ke Molde. Kedua mantan pelatih United ini dibawa untuk membantunya melatih dan membenahi klub.

Saat masih menjadi pemain, Solskjaer meninggalkan Molde pada tahun 1996 dengan nilai transfer 1,5 juta pounds atau sekitar Rp 21 miliar. Dia mencetak 126 gol dalam 366 pertandingannya untuk "The Red Devils", termasuk kemenangan dramatis MU dalam final LIga Champions pada tahun 1999 melawan Bayern Munich. Selain itu, dia juga ikut meraih enam gelar liga dan dua piala FA selama keberadaannya di MU.

No comments:

Post a Comment