Friday, April 15, 2011

Pep Lebih Hebat dari Rijkaard dan Van Gaal

BARCELONA, KOMPAS.com — Gelandang Barcelona, Xavi Hernandez, menilai Pep Guardiola adalah pelatih terbaik Barcelona sejak ia bermain di klub Catalan tersebut.

Xavi bergabung dengan Barca pada 1998 lalu. Sejak itu, ia telah merasakan bagaimana rasanya diasuh oleh banyak pelatih, seperti Louis van Gaal, Llorenç Serra Ferrer, Antonio de la Cruz, Radomir Antic, dan Frank Rijkaard. Dari semua nama tadi, Xavi menilai, Pep adalah pelatih yang paling komplet.

"Dia adalah pribadi hebat yang rendah hati dan pekerja keras. Ia benar-benar adalah pelatih terbaik yang kami miliki di klub sejak aku di sini. Pep adalah pemimpin fantastis yang tahu bagaimana mengirimkan pesan kepada semua pemain," puji Xavi.

Sejak tiga tahun lalu memimpin Barca, Guardiola memang berhasil menorehkan prestasi impresif. Ia sanggup menyumbangkan delapan trofi bergengsi, yakni dua trofi Divisi Primera, dua Piala Super Spanyol, satu trofi Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Trofi-trofi ini kemungkinan masih bisa bertambah lagi mengingat Barca masih bersaing di tiga kompetisi sekaligus musim ini.

Adapun pelatih pendahulu Pep, seperti Van Gaal dan Rijkaard, juga menyumbangkan trofi, tetapi tidaklah sebanyak dirinya. Van Gaal memimpin "Blaugrana" pada musim 1997-2000 dan 2002-2003 dengan torehan empat piala. Sementara Rijkaard memimpin Barca pada 2003-2008 dengan lima trofi. (BTV)

No comments:

Post a Comment