Thursday, May 19, 2011

Jepang Mundur dari Copa America 2011

Pelatih tim nasional Jepang, Alberto Zaccheroni.

TOKYO, KOMPAS.com - Federasi Sepak Bola Jepang (JFA) mengumumkan mereka tidak bisa memenuhi undangan tampil di Copa America 2011 Argentina karena tak bisa membangun skuad yang pantas, akibat bencana gempa bumi, tsunami, dan masalah pembangkit listrik bertenaga nuklir di negara mereka, beberapa waktu lalu.

"Setelah berbagai pertimbangan, kami tak bisa membentuk sebuah tim untuk berpartisipasi dalam turnamen sepenting Copa America dan dengan menyesal kami harus membatalkan keikutsertaan kami di kompetisi itu," kata Presiden JFA Junji Ogura.

Menanggapi itu, pelatih tim nasional Jepang, Alberto Zaccheroni mengatakan, "Saya menghormati keputusan JFA dan sangat berterima kasih kepada JFA, CONMEBOL, dan FIFA, yang bekerja secara antusias dalam persiapan kami untuk turnamen itu."

"Tahun ini menjadi pengecualian karena bencana di wilayah Jepang bagian timur dan itu telah menempatkan kami dalam situasi yang membuat kami sulit mengambil keputusan seperti dalam hal ini," tambahnya.

Bencana memaksa Jepang menghentikan kompetisi J-League sampai pada Juni-Juli mendatang. Mengingat Copa America akan digelar pada 1-24 Juli, Jepang mempertimbangkan untuk tampil dengan pemain-pemain yang bermain di luar J-League, supaya tidak merugikan klub peserta J-League.

Masalahnya, bagi pemain yang bermain di Eropa, masa itu adalah masa klub mereka menyiapkan diri menyambut musim baru dan klub-klub itu, menurut Soccernet, sudah menyatakan tak akan melepas pemain Jepang mereka untuk turnamen tersebut. Dengan begitu, pilihan Zaccheroni akan semakin terbatas. (SCN)

No comments:

Post a Comment