Sunday, May 22, 2011

Milan Tanpa Gol, Udinese ke Champions

Striker AC Milan, Alexandre Pato (kiri).

UDINE, KOMPAS.com — AC Milan dan Udinese bermain imbang tanpa gol pada pertandingan Serie-A pekan ke-38 di Stadion Friuli, Minggu (22/5/2011). Hasil itu membuat Udinese finis di peringkat keempat dengan 66 poin.

Kedua kubu bermain terbuka dari bertukar ancaman sejak menit awal. Setelah tembakan Kevin-Prince Boateng pada menit ketiga dimentahkan Samir Handanovic, Udinese membalas melalui Mauricio Isla dan Gokhan Inler pada menit ketujuh dan kesembilan, yang semuanya meleset dari sasaran.

Dua menit kemudian, Milan mengancam melalui eksekusi Clarence Seedorf, yang tidak tepat sasaran. Udinese membalas itu dengan dua tembakan jarak jauh Antonio Di Natale pada menit ke-14 dan ke-18. Sementara usaha pertamanya diblok, eksekusi kedua darinya membentur tiang gawang.

Memasuki menit ke-30, Milan semakin konsisten menciptakan peluang, sementara Udinese menurun. Sayangnya, perbaikan performa tak diikuti oleh peruntungan bagus sehingga, meski tidak kebobolan, Milan gagal mengungguli Udinese.

Milan mendapatkan peluang gol lebih dulu pada babak kedua, dari Pato (50), Antonio Cassano (52), dan Urby Emanuelson (52). Sementara eksekusi Emanuelson meleset, tembakan Pato dan Cassano diblok Handanovic.

Selepas menit ke-55, Udinese mulai mendesak. Serangkaian peluang pun tercipta. Namun, nasib baik tampaknya belum menyertai usaha mereka.

Peluang terbaik pertama adalah hadiah penalti, yang diberikan setelah Clarense Seedorf melanggar Alexis Sanchez pada menit ke-74. Namun, eksekusi yang dipercayakan kepada Antonio Di Natale bisa digagalkan Marco Amelia.

Peluang bagus berikutnya yang gagal membuahkan gol adalah tembakan jarak jauh Gokhan Inler pada menit ke-77. Setelah membentur mistar gawang, bola mengenai tiang kanan, kemudian dibuang oleh pemain Milan.

Milan baru bisa mengatasi tekanan itu saat pertandingan memasuki menit ke-80. Dengan permainan penguasaan bola, Milan bisa mengurangi agresivitas Udinese dan menciptakan tekanan.

Namun, meski konsisten menghindari ancaman, Milan gagal mencetak gol sampai peluit berbunyi panjang.

Susunan pemain

Udinese: Samir Handanovic; Christian Zapata, Maurizio Domizzi, Medhi Benatia; Kadwo Asamoah, Giampiero Pinzi, Gokhan Inler, Pablo Armero, Mauricio Isla; Antonio Di Natale, Alexis Sanchez

Milan: Marco Amelia (Flavio Roma 87); Mario Yepes, Thiago Silva, Didac, Ignazio Abate; Mark van Bommel (Urby Emanuelson 45), Kevin Prince-Boateng, Clarence Seedorf, Mathieu Flamini; Antonio Cassano, Pato (Robinho 72)

Wasit: Paolo Tagliavento

No comments:

Post a Comment