Saturday, January 22, 2011

Ruben Ingin Belajar Lagu Kebangsaan

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Ruben Wuarbanaran, pemain keturunan dari klub Belanda FC Den Bosch, mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-23 gelombang kedua di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Selasa (11/1/2011). Sebanyak 29 pemain mengikuti seleksi gelombang dua ini dan mereka akan dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games 2011 dan Pra-Olimpiade 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemain keturunan Indonesia-Belanda, Ruben Wuarbanaran, berusaha menunjukkan rasa kecintaannya terhadap Tanah Air. Ia mengaku akan belajar lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Belum bisa, tapi aku akan belajar. Aku juga sedikit mengerti bahasa Indonesia seperti kata 'dari mana'," ujar pemain FC Den Bosch tersebut seusai mengikuti seleksi tahap kedua di Lapangan C, Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (13/1/2011) pagi.

Ruben menjadi salah satu pemain keturunan yang diundang oleh Badan Tim Nasional (BTN) untuk mengikuti seleksti tim nasional U-23. Sayangnya, Ruben mengalami cedera pangkal paha setelah mengikuti seleksi pada hari pertama, Selasa kemarin. Namun, pelatih Alfred Riedl masih memberi kesempatan bagi Ruben untuk mengikuti seleksi tahap ketiga yang akan digelar mulai Sabtu (15/1/2011).

"Aku harus istirahat supaya bisa pulih lagi. Setelah seleksi, saya akan pulang dulu. Aku akan kembali lagi ke sini beberapa pekan kemudian," kata Ruben.

Bila lolos seleksi, Ruben akan segera dinaturalisasi. Ia diproyeksikan memperkuat timnas U-23 di Pra-Olimpiade. Di ajang tersebut, Indonesia melakoni laga kandang-tandang melawan Turkmenistan pada 23 Februari dan 3 Maret.

Ruben kemungkinan besar tidak bisa tampil di Pra-Olimpiade bila proses naturalisasinya belum beres sebelum pertandingan tersebut. "Bukan masalah besar bagi saya. Kalau gagal tampil di Pra-Olimpiade, tidak masalah menunggu SEA Games. Aku hanya ingin main untuk timnas Indonesia," kata Ruben.

No comments:

Post a Comment