Monday, January 17, 2011

Zaccheroni Mencari Keseimbangan Jepang

Pelatih tim nasional Jepang, Alberto Zaccheroni.

DOHA, KOMPAS.com - Pelatih tim nasional Jepang, Alberto Zaccheroni, berupaya keras menyeimbangkan porsi latihan yang tepat untuk pemainnya yang bermain di Eropa dan J. League.

J. League telah selesai sejak awal Desember tahun lalu, tapi Piala Kaisar (Piala Jepang), yang mempertemukan Kashima Antlers dan Shimizu S-Pulse di final, baru berakhir 1 Januari lalu. Antlers dan Pulse total menyumbang lima pemain ke timnas Jepang.

Kini, Zaccheroni sedang berusaha mati-matian untuk menyeimbangkan porsi latihan untuk para pemainnya yang memiliki kondisi bervariasi. "Saya akhirnya memiliki semua pemain bersama-sama sekaligus untuk pertama kali pada hari ini. Para gelandang dan striker bekerja pada bagian fisik dan kami menawarkan beberapa petunjuk untuk bagian pertahanan," kata Zaccheroni yang musim lalu melatih Juventus.

"Tingkat kebugaran setiap pemain bervariasi karena mereka berasal dari Eropa, J. League, dan beberapa telah bermain di Piala Kaisar, dan beberapa telah istirahat karena kompetisi sudah usai. Saya sedang berusaha mencari jalan tengah yang tepat untuk melatih kondisi pemain," lanjutnya.

Zaccheroni bergerak cepat karena timnya akan langsung berhadapan dengan Jordania pada partai perdana Grup B Piala Asia 2011 di Stadion Qatar SC, Minggu (9/1/2011). Grup ini juga berisi Arab Saudi dan Syria. (AFC)

No comments:

Post a Comment