Saturday, February 26, 2011

Okto Diberi Hukuman Percobaan

TRIBUN KALTIM/NEVRIANTO H PRASETYOGelandang Sriwijaya FC yang juga pemain timnas Indonesia, Oktovianus Maniani (tengah), memprotes keputusan wasit Oky Dwi saat timnya dijamu Persisam Samarinda dalam pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (16/1/2011). Okto diusir dari lapangan karena menanduk wasit. Persisam Samarinda akhirnya menang telak atas Sriwijaya FC dengan skor 4-1.

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan hukuman percobaan selama enam bulan kepada gelandang Sriwijaya FC, Oktovianus Maniani, karena menanduk wasit dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL).

"Okto mendapatkan hukuman percobaan," kata Ketua Komisi Disiplin PSSI Hinca Panjaitan, Kamis (10/2/2011).

Hinca menegaskan, Okto juga akan mendapatkan sanksi dua kali larangan bertanding ditambah denda uang apabila gelandang asal Papua tersebut melakukan kesalahan lagi. Tidak disebutkan berapa denda yang akan dijatuhkan pada Okto jika ia melakukan kesalahan fatal.

Sebagaimana diberitakan, Okto melakukan tindakan tidak suportif ketika "Laskar Wong Kito" ditekuk Persisam Samarinda 1-4 dalam duel di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Minggu (16/1/2011). Pada pertandingan itu, Okto diganjar kartu merah setelah menanduk wasit Oki Dwi Putra.

Okto dengan didampingi Manajer Timnas U-23 waktu itu, almarhum Adjie Massaid, telah memenuhi panggilan Komdis pada 4 Februari 2011. Dikatakan Hinca, pertimbangan Komdis menjatuhkan hukuman percobaan karena sikap Okto di tim nasional U-23.

"Dia masih muda, apalagi dia juga mendapatkan pembelaan dari Adjie. Saya tanya kepada manajernya (bagaimana) sikap Okto di timnas. Itulah yang membuat Komdis menjatuhkan hukuman percobaan. Menurut Adjie, Okto bersikap bagus selama menjalani pelatnas timnas U-23," jelas Hinca.

No comments:

Post a Comment