Monday, February 28, 2011

Pukul Pemain, Suporter Dipenjara Setahun

STEVENAGE, KOMPAS.com - Pengadilan Stevenage menjatuhkan vonis penjara 12 bulan dan larangan menonton sepak bola secara langsung di Inggris dan Wales selama enam tahun kepada suporter Stevenage, Robert Fitzgerald (24) karena menyerang bek klub idolanya, Scott Laird, pada pertandingan Piala FA melawan Newcastle, 8 Januari lalu.

Pertandingan itu berakhir 3-1 untuk Stevenage. Menurut Daily Mail, Ketika para pemain dan pendukung merayakan kemenangan, Fitzgerald masuk lapangan, menghampiri Laird, dan memukulnya. Insiden tersebut terekam kamera.

Ketika pertandingan berlangsung, menurut jaksa penuntut Peter Mansefield, sebelum laga usai,

Dalam pengakuan di pengadilan, Fitzgerald mengatakan, ia melakukan itu karena kekasihnya, Jade Coles, diperlakukan tidak baik oleh Laird. Motif itu membuat pengadilan menilai tindakan Fitzgerald kepada Laird bukanlah tindakan spontan, tetapi sudah direncanakan.

"Kami juga telah mendengar kesaksian dari keamanan pertandingan bahwa ia melihat Fitzgerald ada perilaku teratur dari Anda mengarah kepada Tuan Laird. Korban berada dalam posisi terbuka karena ia berada di lokasi untuk menjalankan tugas sebagai pesepak bola profesional," ujar hakim Linda Nadauld.

"Serangan itu tak beralasan dan tak terduga. Pengadilan harus menjatuhkan sanksi sebagai peringatan supaya insiden serupa tak terjadi lagi di lapangan sepak bola. Kami menjatuhkan sanksi karena ini akan mencegah terjadinya kekerasan dan pelanggaran dalam pertandingan sepak bola," tambahnya.

Sementara itu, menurut Daily Mail, Coles saat ini sedang hamil dan akan melahirkan pada Juli mendatang.(DM)

Penulis: Tjatur Wiharyo   |   Editor: Tjatur Wiharyo   |   Loading...

No comments:

Post a Comment