Thursday, February 10, 2011

Kerusuhan Suporter Rugikan PTKA Rp 247 Juta

Kereta api sering mengalami kerugian akibat ulah suporter sepak bola.

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Kereta Api (PTKA) menderita kerugian sedikitnya Rp 247 juta terkait kerusakan sejumlah kereta api akibat ulah suporter tim sepak bola di Lamongan, Jawa Timur.

"Data sementara kami menyebutkan, kerugian akibat ulah suporter sebesar Rp 247 juta. Angka itu masih berpotensi meningkat," kata Asisten Manajer PTKA Daerah Operasi (Daop) VIII Surabaya Bidang Eksternal, Heri Winarno, di Surabaya, Selasa (25/1/2011).

Angka kerugian itu berdasarkan perhitungan atas kerusakan sejumlah rangkaian kereta api yang dilempari batu suporter sepak bola. Beberapa rangkaian kereta api yang mengalami kerusakan dengan intensitas ringan hingga sedang itu, di antaranya Argo Anggrek, Kertajaya, Gaya Baru, Malabar, Gajayana, dan Matarmaja.

Menurut dia, kerusakan itu tidak hanya akibat ulah LA-Mania (julukan suporter fanatik Persela Lamongan), melainkan juga Bonekmania (julukan suporter fanatik Persebaya Surabaya).

"Untuk Matarmaja dan Gaya Baru semua kaca jendelanya, yang masing-masing berjumlah 427 dan 490 lembar, pecah," kata Heri. (ANT)

No comments:

Post a Comment